Content feed Comments Feed

TCP vs UDP

Diposting oleh Irfan Mahmud 2 Rabu, 15 Juni 2011

TCP dan UDP merupakan protokol yang terdapat dalam Transport Layer. Transport Layer merupakan Layer 4 dalam Model OSI. Transport Layer melayani layer aplikasi dengan melakukan segmentasi. Paket harus disegmentasi karena tidak dimungkinkan sebuah paket dikirim 1 sekaligus.

Pengertian TCP dan UDP

Transmisi Control protokol atau biasa disingkat TCP merupakan protokol yang berorientasi connection-oriented dan banyak digunakan sebagai dasar layanan internet bersamaan dengan protokol internet (IP). TCP memungkinkan untuk komunikasi yang handal (reliable), memastikan paket yang mencapai tujuan sesuai keinginan pengirim. Dan berikut merupakan beberapa aplikasi yang menggunakan TCP yaitu :

  • Web Browser
  • E-mail
  • file transfer
  • dll.

User Datagram Protokol atau biasa disingkat UDP merupakan protokol yang berorientasi connectionless. Pertukaran datagram dalam UDP tidak mendapatkan acknowledgment atau terjaminya pengiriman. Dan pada saat ada data yang lost saat pengiriman, UDP tidak melakukan retransmission melainkan retransmissionnya itu ditangani oleh protokol lain. Dan berikut meupakan beberapa aplikasi yang menggunakan UDP yaitu :

  • Domain Name System (DNS)
  • Video Streaming
  • Voice over IP (VoIP)
  • Dll.

TCP vs UDP

Sebetulnya ada banyak kelebihan yang dimiliki protokol TCP dibandingkan dengan protokol UDP. Kita tahu bahwa TCP merupakan protokol yang berorientasi connection oriented, yang berarti bahwa setiap koneksi itu perlu disiapkan terlebih dahulu sebelum transfer data dimulai. Untuk melakukan itu protokol TCP memiliki sistem 3 way handshake. Dengan system ini user bila ingin mengirim data harus menginisialisasi koneksi dan mendapatkan pengakuan atau acknowledgment dari pihak penerima. Dan setelah medapatkan pengakuan, pengirim mangakui pengakuan tersebut, sehingga menyelesaikan proses dari 3 way handshake. Maka setelah semuanya selesai protokol TCP dapat membuat koneksi.

TCP merupakan protokol yang dipercaya atau reliable. Jadi semua data yang dikirim akan terjamin sampai ke pihak penerima. Bila ada paket data yang lost atau hilang maka protokol TCP akan mengirim kembali dan apabila koneksinya terputus datanya akan di request kembali, sehingga paket data yang kita kirimkan itu pasti sampai ke pihak penerima. Semua ini tidak bisa kita dapatkan dengan protokol UDP, karena protokol UDP tidak bersifat reliable.

Protokol TCP memungkinkan data diterima secara terurut sesuai urutan pengirimannya. Hal tersebut tidak terjadi dalam protokol protokol UDP karena UDP berorientasi connectionless maka data yang dikirim menggunakan protokol UDP akan diterima secara tidak terurut. Cara kerja protokol UDP adalah mengirim data tanpa ada jaminan apakah data tersebut akan sampai tujuan atau tidak. Maka dengan itu protokol TCP itu lebih sering digunakan dalam sebuah sistem dibandingkan dengan protokol UDP yang tidak reliable.

0 Responses to TCP vs UDP

Posting Komentar

Popular Posts

Total Pageviews

Followers