Content feed Comments Feed

Maksimalkan Kecepatan Koneksi Internet

Diposting oleh Irfandy Thalib Selasa, 21 Juni 2011

Beberapa hari ini ada beberapa masalah koneksi internet dan WiFi yang aq pakai. Dalam jarak tertentu tiba2 aja koneksi putus, padahal awalnya WiFi yang aq pake bisa menjangkau jarak tersebut dan ngga ada masalah. Tadinya aq berpikir klo wireless laptop aq udah mulai drop, ternyata beberapa wireless adapter teman-teman aq juga mengalami masalah yang sama.

Jadi mulai kepikiran ada yang ngga benar pada frekuensi jalur yang dipake sama access point neh… Ternyata kayaknya emang benar, ada interferensi pada jalur frekuensi access point. Setelah frekuensi access point dirubah, kondisi jadi normal kembali. Memang akhir2 ini, disekitar sini terdapat banyak koneksi wireless. Yang penting untuk sementara jalur wireless aq ngga terganggu.

Masalah yang kedua pada browsing yang lambat. Padahal bandwith yang dipake lumayan besar sampe 1,5 Mbps. Setelah membaca berbagai referensi, ada beberapa tips untuk memaksimalkan koneksi internet.

Ternyata sistem operasi windows secara default membatasi bandwith untuk koneksi internet sebanyak 20% dari total bandwith. Jadi bisa dibayangkan klo bandwith tersebut di maksimalkan, kecepatan browsingpun bisa bertambah. Untuk memaksimalkan bandwith yang kita miliki, kita harus mengosongkan batasan bandwith tersebut. Caranya sebagai berikut :

1. Klik Start
2. Klik Run

3. Ketik gpedit.msc (Klo ngga ada maka harus didownload dan disetting gpedit.msc)
4. Kemudian klik Ok
5. Setelah masuk klik Administrative Templates
6. Kemudian Klik Network
7. Setelah terbuka klik QoS Packet scheduler
8. Kemudian klik Limit Reservable Bandwidth
9. Dan setelah terbuka ubah setting menjadi Enable
10. Kemudian ubah Bandwidth Limitnya menjadi 0
11. Klik Apply,ok
12. Kemudian keluar dan Restart komputer

Komputer anda akan terasa lebih cepat koneksinya..

Saat koneksi internet anda terasa lebih lambat dari sebelumnya, beberapa tips yang bisa aq berikan adalah pastikan kondisi LAN stabil, pastikan kondisi modem stabil dengan melakukan ping ke modem, cek koneksi ke DNS dengan melakukan ping ke DNS, pilih DNS yang stabil jika koneksi DNS tidak stabil setelah itu baru melakukan langkah diatas untuk memaksimalkan koneksi internet. Mudah2an bermanfaat, selamat mencoba..

0 Responses to Maksimalkan Kecepatan Koneksi Internet

Posting Komentar

Popular Posts

Total Pageviews

Followers